PKM UNESA Lakukan Pelatihan Manajemen Waktu pada Atlet Pelajar di SMA Negeri 1 Menganti

0
30
PKM UNESA Lakukan Pelatihan Manajemen Waktu pada Atlet Pelajar di SMA Negeri 1 Menganti
PKM UNESA Lakukan Pelatihan Manajemen Waktu pada Atlet Pelajar di SMA Negeri 1 Menganti

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Manajemen waktu merupakan suatu kebijakan yang ditetapkan dalam diri untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dengan menentukan sebuah jadwal dan membuat perencanaan waktu.

Manajemen waktu ini menjadi penentu bagi atlet pelajar yang digunakan untuk membuat keseimbangan dalam mengatur waktu secara efektif dalam kegiatan proses belajar maupun proses latihan dalam perlombaan dan dapat beristirahat secara efektif.

Untuk itulah, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan  memberikan pelatihan kepada atlet pelajar tentang manajemen waktu berlokasi di SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Harapannya para atlet pelajar dapat melakukan manajemen waktu mereka antara belajar, berlatih dan bertanding.

BACA JUGA : Maksimalkan Pelayanan, Pj. Gubernur Adhy Resmikan Layanan Hematologi Onkologi Anak RSUD…

Proses dan tahapan PKM yang diketuai Erta, SE.,M.M dan beranggotakan Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd.,M.Kes dan Herma Retno Prabayanti, S.E.,M.Mmed.Kom ini, meliputi 4 tahapan, yakni : (1)perencanaan, (2) survei kebutuhan, (3) pelaksanaan, (4) evaluasi. Puluhan atlet pelajar terdiri dari atlet basket, hockey, sepak bola dan volley.

Menurut Erta, S.E.,M.M, para atlet pelajar harus bisa melakukan analisis kegiatan, menetapkan prioritas, memilih metode alokasi waktu, dan membuat google sheets untuk menuliskan jadwal.

“Dari hasil kegiatan, dapat diketahui bahwa pelatihan manajemen waktu terhadap atlet pelajar di SMA Negeri 1 Menganti ini memiliki implikasi yang signifikan terhadap perkembangan dan prestasi para atlet,” ujarnya.

Pelatihan manajemen waktu, lanjut Erta, telah membuktikan diri sebagai alat yang kuat dalam membentuk disiplin, tanggung jawab, dan keterampilan organisasi di kalangan atlet pelajar.

BACA JUGA : Pemkot Surabaya Black List 20 Pengembang yang Belum Serahkan PSU

“Selain itu, hasil pengamatan dan analisis data menunjukkan bahwa pelatihan tersebut telah membantu atlet dalam mengatasi tantangan jadwal yang padat, mampu mengelola tugas akademik dan latihan olahraga dengan lebih efektif, serta memberikan mereka kemampuan untuk tetap fokus pada tujuan mereka,” pungkas Erta, S.E.,M.M,. (JM01)