PPKM Mikro Lanjut Tahap Kelima dengan Tambahan 5 Provinsi

0
69
PPKM Mikro Lanjut Tahap Kelima dengan Tambahan 5 Provinsi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro selama dua pekan ke depan yaitu 6 – 19 April 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian kasus Covid-19 dan meningkatkan efektivitas pengendalian Covid-19 di tingkat nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pada PPKM Mikro periode kelima ini pemerintah memperketat kriteria PPKM Mikro. Dimana pemerintah akan memperkecil kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga ke tingkat RT.

Berdasarkan kriteria tersebut, lanjutnya, maka Zona Merah ditetapkan jika terdapat lebih dari lima rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT, zona orange 3-5 rumah, zona kuning 1-2 rumah, sementara zona hijau jika tidak ada kasus dalam satu RT.

“Kriteria ini diperbaiki karena kita ingin melihat bahwa yang terkait dengan penularan Covid-19 lebih dicegah lagi,” kata Airlangga dalam keterangan pers secara virtual melalui akun Youtube Setpres, Senin (5/4/2021).

Airlangga menambahkan, kriteria PPKM Mikro secara nasional tetap seperti kriteria sebelumnya, yaitu yang memenuhi salah satu unsur tingkat kematian di atas rata-rata nasional; tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional; tingkat kasus aktif di atas rata-rata nasional; serta tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit (Bed Occupancy Ratio/BOR) untuk Intensive Care Unit (ICU) dan ruang isolasi di atas 70 persen.

Baca juga : Pemerintah Ijinkan Sholat Tarawih dan Sholat Idul Fitri Secara Berjemaah. Ini…

Selain itu, pada PPKM Mikro tahap kelima ini, pemerintah juga memperluas wilayah yang menerapkan kebijakan tersebut, diantaranya; Kalimantan Utara, Aceh, Sumatra Selatan, Riau, dan Papua.

Halaman selanjutnya: Dengan adanya tambahan 5 wilayah…