Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo di Madura

0
2
Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo di Madura
Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo di Madura

Sumenep, JATIMMEDIA.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur, pada Rabu, 20 April 2022. Dalam sambutannya, Presiden menyebut peran sentral bandara tersebut untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura.

“Bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura, dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, kehadiran Bandara Trunojoyo juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari, maka dengan menggunakan pesawat hanya akan membutuhkan waktu satu jam saja. Presiden pun meyakini bahwa konektivitas yang makin baik tersebut akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Saya yakin dengan konektivitas yang makin baik, mobilitas masyarakat akan makin mudah dan makin lancar dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh. Usaha baru juga akan, insyaallah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan makin berkembang dan akan makin maju,” jelasnya.

Baca juga : Warga Jatim Bisa Mudik Bareng Gratis ke 15 Kab/Kota Tujuan

Lebih lanjut, secara khusus Presiden meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengusahakan adanya penerbangan dari Surabaya atau Jakarta ke Sumenep menjelang hari raya Idulfitri ini. Presiden meyakini penerbangan tersebut akan diminati oleh banyak penumpang.

“Saya minta ini karena sudah hampir menjelang hari raya Idulfitri, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh, insyaallah penuh,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang mendampingi Presiden menjelaskan, Bandara Trunojoyo melayani penerbangan perintis dari Sumenep-Bawean PP dan Sumenep-Pagerungan PP. Kemudian juga melayani penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya PP, dan Sumenep-Banyuwangi PP.

Baca juga : KPPU Panggil 11 Pihak Terkait permainan Harga Minyak Goreng

Bahkan ke depannya bandara tersebut diproyeksikan akan membuka rute dari dan ke Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Pulau Kangean, Pulau Masalembu, dan Jember.

Dengan diresmikannya bandara tersebut, Gubernur Khofifah optimis akan mengungkit pertumbuhan ekonomi wilayah Madura dan kepulauannya.

“Alhamdulillah, semoga ini menjadi starting point pertumbuhan ekonomi di Madura dan sekitarnya yang semakin meningkat ke depannya,” ungkap Gubernur Khofifah.

Saat ini bandara ini memiliki runway sepanjang 1600 m x 30 m, yang mampu didarati pesawat jenis ATR-72. Bandara ini juga telah memiliki gedung terminal baru seluas 3.600 m2 dengan kapasitas 129 ribu penumpang per tahunnya.

Baca juga : Laksana luncurkan Bus Terbaru dan Lini Bisnis Terbaru

Bandara Trunojoyo juga dilengkapi standar keselamatan yang mumpuni serta digunakan oleh beberapa sekolah penerbangan seperti Merpati Pilot School, BP3 Banyuwangi Kemenhub, Nusa Flying Internasional, Aviatera, Global Aviation, dan Bali International Flight Academy. (JM01)