PT Makmur Berkah Amanda Fokus Kembangkan Kawasan Industri Halal

0
5
PT Makmur Berkah Amanda Fokus Kembangkan Kawasan Industri Halal
PT Makmur Berkah Amanda Fokus Kembangkan Kawasan Industri Halal

Sidoarjo, JATIMMEDIA.COM – PT. Makmur Berkah Amanda Tbk, selaku pengembang Kawasan Industri Safe’n’Lock Eco Industrial Park, telah memperoleh surat keterangan Kawasan Industri Halal (KIH) dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia untuk membangun kawasan industri halal pertama di Jawa Timur, yaitu Halal Industrial Park Sidoarjo.

Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda Tbk, Adi Saputra Tedja Surya, menyebutkan bahwa untuk Tahun 2021 akan fokus dalam pengembangan Kawasan Industri Halal sebagai pengembangan sayap dari bisnis perseroan.

“Halal Industrial Park Sidoarjo untuk fase pertama akan siap untuk ditempati oleh pelaku usaha pada October 2021,” ujarnya pada Public Expose melalui virtual conference, Kamis (21/10/2021).

Baca juga : Wapres RI Tinjau Kawasan Industri Halal Sidoarjo

Dalam kesempatan itu pula, di jelaskan bahwa pendapatan usaha perseroan pada tahun 2020 mengalami penurunan sekitar 6,9%, dimana penurunan tersebut diakibatkan oleh pandemic Covid-19.

Hal yang sama juga dialami anak usaha emiten, PT. Makmur Berkah Amanda Hotel, yang mengalami penurunan pendapatan sebesar 77,6% akibat adanya kebijakan negara yang membatasi wisatawan domestik maupun international dalam melakukan perjalanan antar wilayah untuk merendam pandemic Covid-19 ini.

Namun disisi lain, perseroan membukukan kenaikan sebesar 49,2% dalam penjualan bangunan standard industri dan juga 22,4% dalam penyewaan bangunan logistik.

Baca juga : Safe n Lock HIPS Lakukan Sosialisasi pada Nasabah BSI

“Dari sisi pengembangan bisnis perseoran, emiten juga telah mengeluarkan dana CAPEX sebesar 90M dimana sekitar 38% digunakan untuk akusisi lahan dan juga pengembangan Kawasan Industri Halal,” tambah Adi.

Adapun tahuin 2020 menjadi tahun yang sangat baik untuk perseroan, dimana tahun 2020, perseroan telah menjadi perusahaan terbuka dan melantai di Bursa Efek Indonesia dan juga mendapatkan Surat Keterangan dari Kemenperin dalam membangun Kawasan Industri Halal pertama di Jawa Timur.

“Kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk pelaku usaha dalam menarik investasi ke KIH dengan strategi yang telah kami siapkan untuk para calon investor, baik domestic maupun international,” pungkas menurut Adi Saputra,

Baca juga : BI Jatim Lepas Kas Keliling Kepulauan 3T di Wilayah Provinsi Jawa…

Diketahui, rencana pengembangan Halal Industrial Park Sidoarjo meliputi Laboratorium Halal, Food Court, jasa logistik dan juga tempat ibadah untuk pelanggan Kawasan dan yakin membantu IMKM berkembang di kanca International. (JM01)