Sampoerna Academy Surabaya Gelar STEAM Expo 2022 untuk Cetak Innovator Sejak Usia Dini

0
50
Sampoerna Academy Surabaya Gelar STEAM Expo 2022 untuk Cetak Innovator Sejak Usia Dini
Sampoerna Academy Surabaya Gelar STEAM Expo 2022 untuk Cetak Innovator Sejak Usia Dini

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sampoerna Academy sebagai lembaga pendidikan, mengedepankan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) untuk mendukung pengalaman belajar lebih komprehensif dan berfokus pada pemecahan permasalahan, menggelar STEAM Expo.

Melalui program tahunan STEAM Expo, yang digelar dari tanggal 11 hingga 19 Maret 2022. di lima lokasi sekolah, yaitu: Jakarta, Sentul, Tangerang, Medan, dan Surabaya, seluruh siswa Sampoerna Academy dari tingkat early learning hingga menengah atas berkesempatan unjuk hasil karya dengan menerapkan ilmu yang mereka pelajari di sekolah.

Mengangkat tema “The World of Future Innovators, program ini bertujuan untuk mendorong lahirnya inovator-inovator muda masa depan yang berkontribusi besar terhadap kemajuan bangsa.

John Murphy, Principal of Sampoerna Academy Surabaya menjelaskan, melalui program ini, generasi muda diajak untuk belajar secara hands on dan minds on menggunakan pendekatan STEAM, dengan tujuan membangkitkan minat mereka menjadi innovator atau memiliki pekerjaan atau karier impian di masa mendatang.

Baca juga : Perjalanan Umroh Dan Luar Negeri Lewat Bandara Juanda Segera Dibuka

“Kami sangat menekankan pendekatan STEAM karena dapat memperkuat pengembangan apa yang kami sebut sebagai kompetensi 5C, yaitu Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Character, yang memungkinkan siswa menjadi individu lebih dewasa, percaya diri, serta memiliki tujuan belajar kuat,” ujarnya di Surabaya, Rabu (16/3/2022).

Metode ini, lanjutnya, juga mengintegrasikan experiential learning yang sangat efektif dan efisien membantu siswa tetap fokus dan berinteraksi, sehingga pada akhirnya dapat membuat mereka lebih memahami passion yang ingin mereka kejar di masa depan.

Metode STEAM memang terbukti mampu mendorong dan membantu siswa dalam mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan di berbagai disiplin ilmu, memfasilitasi murid untuk berpikir holistik, dan bisa menghubungkan antara satu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya.

Halaman selanjutnya: Sebagai pionir STEAM di Indonesia