UNAIR Resmikan Ikatan Alumni Cabang Inggris Raya

0
3
UNAIR Resmikan Ikatan Alumni Cabang Inggris Raya
Dr Delvac Oceandy, Ketua IKA UNAIR Cabang Inggris Raya

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR), meresmikan organisasi cabang internasional Inggris Raya secara virtual pada Selasa (15/3/2022). Ketua IKA UNAIR Hj Khofifah Indar Parawansa MSi meresmikan sekaligus mengukuhkan Prof Dr Delvac Oceandy MD PhD dan Abdul Kodir sebagai ketua dan sekretaris.

Dalam sambutannya, Khofifah menyebut alumni UNAIR di Inggris Raya sangat berpeluang menjadi penghubung dan berkolaborasi dengan organisasi internasional. Terlebih, saat ini UNAIR mengembangkan Vaksin Merah-Putih yang memerlukan dukungan World Health Organization (WHO).

“Khususnya bagi pengembangan Vaksin Merah-Putih yang perlu dukungan organisasi internasional. Dukungan alumni dapat menjadi wujud darma bakti kepada almamater,” tutur Khofifah, Rabu (16/3/2022).

Diketahui, Inggris dikenal sebagai pelopor green economy, green finance, green building, dan green infrastructure. Keempatnya merupakan konsep pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan hidup. Penerapan keempatnya dapat berdampak untuk menurunkan gas emisi.

“Empat hal itu sama halnya juga tengah menjadi komitmen UNAIR dan Jawa Timur. Untuk itu, saya berharap agar alumni UNAIR di Inggris Raya dapat memberikan penguatan terhadap upaya-upaya menuju green economy, green finance, green building, dan green infrastructure dengan berkaca pada negara tersebut,” ujarnya.

Jika menerapkan keempatnya dengan baik, tambah Khofifah, maka juga akan meminimalisasi gas emisi dan akan berpengaruh pada privilese daerah serta perguruan tinggi.

Baca juga : OJK Resmikan 3 Gedung Kantor untuk Perkuat Peran di Daerah

“Alumni dapat menjadi penghubung dengan pemerintah Inggris. Terlebih mengingat posisi Indonesia sebagai presidensi G20 yang akan sangat strategis untuk berkontribusi dalam penurunan gas emisi,” imbuh alumnus FISIP UNAIR itu.

Kolaborasi dengan Daerah

Selain perihal program dan imbauan, Khofifah menyampaikan peluang kerja di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Pihaknya membuka kesempatan bagi alumni yang ingin berkembang bersama memajukan provinsi.

“Kami akan sangat senang jika alumni yang mungkin saat ini sedang melanjutkan studi di Inggris dapat berkontribusi bersama Pemprov Jawa Timur. Bukan semata saya sebagai gubernur Jawa Timur. Artinya, itu sekaligus dapat menjadi pengabdian alumni untuk almamater,” ucapnya.

Sementara Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak dan Duta Besar Indonesia untuk Inggris Dr Desra Percaya turut hadir memberikan sambutan. Sejalan dengan Khofifah, Prof Nasih juga mengharapkan kontribusi alumni terkait Vaksin Merah Putih.

Baca juga : Sampoerna Academy Surabaya Gelar STEAM Expo 2022 untuk Cetak Innovator Sejak…

Sementara itu, Dr Desra memberikan selamat atas pengukuhan pengurus IKA UNAIR Inggris Raya dan menutup sambutannya dengan pantun khas Surabaya.

“Dina Sebtu melbu ning Pasar Kedurus, golek soto sing nganggo koya. UNAIR maju terus, IKA UNAIR selalu berjaya,” ucapnya. (JM01)