BPJS Kesehatan Surabaya Kembali Maksimalkan MCS Bagi Peserta JKN

0
4
BPJS Kesehatan Surabaya Kembali Maksimalkan MCS Bagi Peserta JKN
BPJS Kesehatan Surabaya Kembali Maksimalkan MCS Bagi Peserta JKN

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Mobile Customer Service (MCS) milik BPJS Kesehatan Cabang Surabaya mulai aktif kembali melayani para peserta program JKN, setelah sebelumnya sempat berhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Sebelum pandemi Covid-19, pelaksanaan MCS di Kota Surabaya sudah berjalan rutin di 4 Kecamatan yakni Tandes, Lakarsantri, Sambikerep dan Wiyung. Namun kegiatan tersebut dihentikan sementara untuk menghindari kerumunan yang dapat menyebabkan penyebaran Covid-19.

Saat ini MCS mulai dilaksanakan kembali secara bertahap, dimulai dengan mengikutkan MCS dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh satuan kerja instansi pemerintah maupun badan usaha.

Baca juga : BPJS Kesehatan Surabaya Lakukan Sosialisasi Program JKN – KIS pada Taruna…

Termasuk diantaranya hadir diluar Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Sabtu (8/1/2022), seiring dengan dilakukannya sosialisasi BPJS Kesehatan pada taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dan jajaran TNI AL.

BPJS Kesehatan Surabaya Kembali Maksimalkan MCS Bagi Peserta JKN
BPJS Kesehatan Surabaya Kembali Maksimalkan Mobile Customer Service Bagi Peserta JKN

Kepala Bidang Kepesertaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Wiedho Widiantoro menjelaskan MCS ini merupakan kanal yang disediakan sebagai salah satu upaya dari BPJS Kesehatan untuk mendekatkan pelayanan kepada peserta dengan lokasi yang memiliki akses terbatas.

“Layanan MCS mencakup pelayanan pemberian informasi, pendaftaran dan perubahan data peserta. Pada kegiatan Sosialisasi Program JKN kepada taruna AAL yang dilaksanakan di Bumimoro ini, MCS memberikan layanan pemutakhiran data taruna dan anggota TNI AL yang hadir,” ujar Wiedho.

Baca juga : Wagub Emil Minta Masyarakat Sabar Tunggu Aturan Pemerintah Terkait Vaksin Booster

Kebanyakan taruna AAL dan jajaran TNI AL ini, lanjut Wiedho, memanfaatkan kehadiran MCS untuk layanan untuk pencetakan kartu peserta yang hilang atau rusak hingga meminta informasi seputar aplikasi Mobile JKN. Beberapa taruna juga melakukan update nomor handphone, agar nantinya dapat mengakses layanan kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN.

“Harapan ke depannya MCS dapat rutin dilaksanakan kembali sehingga bisa menjangkau peserta yang lokasinya jauh dari kantor BPJS Kesehatan dan terkendala untuk mengakses kanal layanan non tatap muka (online). Namun mengingat masih dalam masa pandemi pastinya pelaksanaannya juga tetap dengan prokes sesuai instruksi dari pemerintah,” ungkap Wiedho.

Salah seorang staf bintara pelatih di Resimen Batalyon Infanteri 4 Marinir TNI AL Bumimoro Surabaya, Serda Fajar, ikut memanfaatkan fasilitas MCS yang disediakan hari itu. Ia melakukan penggantian KIS nya yang telah rusak.

Baca juga : Pemprof Jatim Sambut Positif Kehadiran Aplikasi Monitoring Karantina Presisi Besutan Polri

“Hadirnya MCS ini sangat membantu kami sehingga pengurusan administrasi tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Semoga dengan perkembangan teknologi informasi dalam proses pengaplikasiannya, layanan kepada peserta JKN bisa terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Fajar. (JM01)