Tim PKM UNESA Serahkan Mesin Pengolah Sari Kedelai pada Mitra Ibu-ibu PKK Desa Punggul Gedangan Sidoarjo

0
11
Tim PKM UNESA Serahkan Mesin Pengolah Sari Kedelai pada Mitra Ibu-ibu PKK Desa Punggul Gedangan Sidoarjo
Tim PKM UNESA Serahkan Mesin Pengolah Sari Kedelai pada Mitra Ibu-ibu PKK Desa Punggul Gedangan Sidoarjo

Sidoarjo, JATIMMEDIA.COM – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan rutin yang menjadi salah satu dari Tri Dharma Peguruan tinggi bagi dosen. Tim Kegiatan PKM Berbasis Teknologi Tepat Guna Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada tahun 2023 ini berupaya membantu kegiatan posyandu Lansia dan posyandu Balita oleh ibu-ibu PKK Desa Punggul.

Diketahui, setiap kegiatan Posyandu selalu berusaha disediakan kudapan/cemilan pendamping yang selalu diupayakan bergizi seperti bubur kacang hijau, sari kedelai, jajanan pasar dll. Paling sering disediakan adalah minuman susu kedelai sehingga cukup berkontribusi dalam pengeluaran kas PKK serta memungkinkan untuk penyediaan pada kegiatan ibu-ibu PKK yang lain.

Hal ini dapat diatasi oleh Tim PKM Prodi Teknik Mesin UNESA yang diketuai oleh Tri Hartutuk Ningsih, S.T., M.T. dan anggota Prof. Dr. Muhaji, S.T., M.T., Iskandar, S.T., M.T., Aris Ansori, S.Pd., M.T. dan Novi Sukma Drastiawati, S.T., M.Eng. Dengan adanya sosialisasi, pengadaan dan penyerahan mesin pengolah sari kedelai kepada mitra Ibu-ibu PKK desa Punggul kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.

Tim PKM UNESA melakukan serangkaian kegiatan mulai dari menganalisa permasalahan yang dihadapi mitra (ibu-ibu PKK Desa Punggul), menentukan masalah yang harus diatasi, memberikan solusi pemecahan masalah, mendesain gambar mesin pengolah kedelai, mengkonsultasikan gambar desain ke mitra, membuat mesin pengolah kedelai, menyerahkan mesin pengolah kedelai, menunjukkan cara operasional mesin pengolah kedelai dan cara perawatan ringan berkala mesin penggiling kedelai ke mitra.

BACA JUGA : PKM Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNESA Beri  Pelatihan RAB dan…

Sosialisasi dilakukan pada hari Sabtu tanggal 17 September 2023 oleh ketua PKM Tri Hartutuk Ningsih, S.T., M.T. didampingi dengan anggota kepada perwakilan ibu-ibu PKK desa Punggul. Kegiatan ini memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mitra dalam rangka penggunaan mesin.

Secara umum materi yang diberikan meliputi bagaimana cara atau Standard Operasional Prosedur (SOP) mesin pengolah susu kedelai, cara mempersiapkan bahan baku kedelai, kedelai siap diolah menggunakan mesin, kemudian pengolahan setelah sari kedelai keluar dari mesin, hingga sari kedelai dikemas menggunakan alat sealer cup dan siap disajikan.

Tri Hartutuk mengatakan, dengan adanya kegiatan PKM yang dilakukan oleh Tim PKM Universitas Negeri Surabaya diharapkan ibu-ibu PKK bisa memproduksi minuman saridele secara mandiri dengan kualitas bahan yang terjaga, higienis dan penghematan.

“Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas minuman sari kedelai untuk kegiatan Posyandu, serta mendukung kegiatan sosialisasi dan penyuluhan lain yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK desa Punggul,” ujarnya.

BACA JUGA : Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA Jembatani Gap yang Terjadi pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, Tim PKM UNESA berharap dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi masyarakat Desa Punggul, memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat, serta menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Adv/JM01)