Vaksinasi Covid-19 di Surabaya Mulai 15 Januari Besok

0
48
Vaksinasi Covid-19 di Surabaya Mulai 15 Januari Besok
Vaksinasi Covid-19 di Surabaya Mulai 15 Januari Besok (foto : istimewa)

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Jatim sudah dimulai hari ini. Namun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rencananya akan menggelar proses vaksinasi Covid-19 secara simbolis di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya pada Jumat 15 Januari 2021 besok.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengatakan, dari jumlah vaksin yang diterima oleh Pemkot Surabaya sebanyak 33.420 vial, nantinya akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 33.027 vial.

Baca juga : Vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur Dimulai Hari ini

“Pada intinya kami sudah menyiapkan rencana vaksinasi ini mulai dari tenaga vaksinator hingga cold room di gudang farmasi Dinkes Surabaya untuk menyimpan vaksin ini. Kapasitas cold room nya bisa mencapai 20.000, tapi saat ini kapasitas 10.000 digunakan untuk menyimpan reagen swab,” jelasnya.

Whisnu menjelaskan, sebelum hari H, fasilitas pelayanan kesehatan telah mendapat pelatihan untuk melakukan vaksinasi, dari pengelolaan vaksin, pencatatan, pelaporan hingga pengoperasian aplikasi vaksin guna memudahkan petugas di lapangan, termasuk di Puskesmas.

Baca juga : Presiden Jokowi Mengawali Proses Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Adapun dalam vaksinasi pertama secara simbolis itu akan ada 12 nama yang mendapat vaksin pertama kali, di antaranya Plt Wali Kota, Komandan Resor Militer 084/Bhaskara Jaya, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, Kepala Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Kepala Kacab BPJS Surabaya, Deputi Direksi BPJS Kanwil Jatim, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua IDI Surabaya, Direktur RSUD dr. Moh Soewandhie, dan Ketua Tim Penggerak PKK.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan, secara teknis nantinya, pelaksanaan vaksinasi di Taman Surya itu akan disiapkan empat meja. Nanti peserta vaksin akan satu per satu mendatangi setiap meja untuk prosesi skrining.

Baca juga : Menolak Disuntik Vaksin Covid-19 Bisa Masuk Penjara dan Denda Rp100 Juta

“Tapi sebelum itu memang kami sudah assessment. Kalau di hari H nanti secara umum akan dilakukan pengecekan fisik secara umum, misalnya seperti cek tensi darah, suhu tubuh dan lainnya,” ungkapnya. (JM01)