Deputi Kantor Staf Presiden Bicara Peran Generasi Muda dalam Govercy Seminar Himastan UNESA

0
58
Deputi Kantor Staf Presiden Bicara Peran Generasi Muda dalam Govercy Seminar Himastan UNESA
Deputi Kantor Staf Presiden Bicara Peran Generasi Muda dalam Govercy Seminar Himastan UNESA

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Himpunan Mahasiswa Sarjana Terapan Administrasi Negara (Himastan), prodi D-4 Administrasi Negara, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Govercy Seminar dan Talkshow yang dihadiri Deputi Kantor Staf Presiden Republik Indonesia di Auditorium Srikandi, Gedung i6, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Kampus Ketintang pada Minggu (3/12/2023).

Pembicara yang dimaksud yaitu Dra. Jaleswari Pramodhawardani, M.Hum., Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia. Selain itu, juga hadir sebagai pembicara, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Jatim (Kadispora), Moh Ali Kuncoro., S.STP., M.Si.

Dalam Govercy 2.0  dengan tema “Transformasi Pelayanan Publik: Peran Pemuda dalam Meningkatkan Efisiensi Birokrasi di Indonesia” ini, Jaleswari menyampaikan materi tentang “Visi Pembangunan dan Peran Pemuda”.  Di hadapan mahasiswa, dia mengingatkan bahwa Indonesia memiliki mimpi besar sebagaimana yang ditulis Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Merauke, 30 Desember 2015 lalu.

Dalam tulisan itu, termuat 7 poin penting impian UNESA yang perlu diwujudkan bersama, termasuk pemuda. Dia menambahkan, generasi muda Indonesia utamanya generasi Z digadang-gadang menjadi generasi yang paling berpendidikan dengan tingkat kemahiran teknologi yang tinggi. Dan potensi generasi muda ini terus diperkuat lewat berbagai program pemerintah yang salah satunya untuk meningkatkan angka talenta digital Indonesia.

BACA JUGA : LPPM Berikan Penghargaan UNESA Village Award 2023 kepada Desa Cerdas Nasional

“Selain itu, pemerintah juga konsern dalam mengatasi permasalahan negara serta meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu krusial seperti iklim dan ekonomi,” ucapnya.

Transformasi Digital

Dalam kebijakan, pemerintah mengarusutamakan transformasi digital lewat berbagai cara, diantaranya: Pertama, melakukan percepatan dan perluasan akses melalui penyediaan infrastruktur digital. Kedua, menyiapkan roadmap transformasi digital di sektor strategis. Ketiga, percepatan integrasi pusat data nasional. Keempat, menyiapkan kebutuhan talenta digital. Kelima, penguatan regulasi.

“Jika melihat roadmap kebijakan, ada aspek generasi muda yang diakomodasi sebagai bagian dari perhatian sekaligus pengakuan terhadap potensi-peran generasi muda itu sendiri. Peran muda menjadi kekuatan tersendiri dalam pembangunan nasional. Di negara lain misalnya, seperti Tiongkok, Afrika dan Malaysia juga memperhatikan dan memastikan peran pemuda bagi negaranya,” tambahnya.

BACA JUGA : Pascasarjana dan CI UNESA Adakan Sarasehan Penguatan Kompetensi Pengajar Bahasa Mandarin…

Bagi perempuan yang juga peneliti di LIPI itu, sudah saatnya anak-anak muda maupun mahasiswa menjemput bola mengembengkan diri lebih jauh untuk mengisi peran dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Halaman selanjutnya: Strategi dan Peran Pemuda……..