Keren!! Aplikasi Mobile JKN Layani Jaminan Kesehatan Milenial Tanpa Ribet

0
14
Keren!! Aplikasi Mobile JKN Layani Jaminan Kesehatan Milenial Tanpa Ribet
Keren!! Aplikasi Mobile JKN Layani Jaminan Kesehatan Milenial Tanpa Ribet

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Keren!, Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan melawan malas. Cukup bawa Handphone aplikasi pintar ini memberikan hidangan komplit bagi semua peserta Jaminan Kesehatan Nasional Aktif tanpa harus bawa-bawa bukti kependudukan manual seperti Kartu Keluarga, KTP, Kartu KIS dan lain sebagainya.

Hal ini disampaikan Alya Rahmatika Putri alfamila usia 21 tahun seorang Mahasiswa di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, yang menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri kelas 1 segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

Perempuan asli Warga Jakarta Timur ini menyampaikan, awalnya saat mendaftar sebagai mahasiswa baru di Unair langsung diminta pindah faskes oleh kampus.

“Dari Faskes Puskesmas Ciracas Jakarta Timur pindah langsung otomatis ke klinik PLK Unair kampus C Surabaya,” ucap Alya sapaan lekatnya di Surabaya.

BACA JUGA : Aplikasi Mobile JKN Jadi Pilihan Bijak Adinda

Alya yang berdomisili di Mulyorejo kota Surabaya ini menjelaskan, fitur dalam aplikasi Mobile JKN menyediakan lebih seperti antrian Faskes.

“Pengalaman antrian online ini bermula karena akui pelajar, jadi setiap hendak periksa kesehatan ke klinik naik ojek online. Pilihan ini adalah pilihan menghemat waktu. Mudah sih caranya, tinggal buka pilihan antrian online, klik pilih klinik, pilih dokter, pilih poli umum, pilih hari dan jamnya,” jelas Alya.

Waktu itu kata Alya, Karena pas hari itu gak enak badan, dirinya memilih hari itu juga. Selanjutnya pilih jadwal sekaligus dokternya.

“Saya dulu pilih dokter Faradina. Lalu isi keluhan sakit. Saat itu aku sakit demam, batuk pilek dan radang tenggorokan. Diujungnya terima nomor antrian, dan bersiap berangkat ke Klinik,” jelasnya.

BACA JUGA : REHAB BPJS Kesehatan Mudahkan Peserta Bayar Keterlambatan Iuran

Sesampai di klinik, Alya mengaku tinggal kasih tunjuk nomor antrean. Higienis dan ekonomisnya, jadi di klinik sudah nampak nomor berapa dan sisanya tinggal berapa lagi serta sekaligus konsul dokter.

Dimasa pandemi Covid19, sambung Alya, aplikasi Mobile JKN juga memiliki peran penting bagi hidupnya.

“Saya juga lakukan skrining riwayat kesehatan karena takut. Kira-kira komorbit atau enggak, apalagi keluarga dari nenek kakek ada, hipertensi. Jadi was-was situasinya saat itu. Jadi melalui mobile JKN di info Screening riwayat kesehatan, disini tinggal isi beberapa pertanyaan. Alhamdulilah hasilnya resikonya rendah diabetes, hipertensi dan jantung,” beber Alya.

Penting sebagai masukan bagi BPJS Kesehatan, ungkap Alya, aplikasi keren ini, mungkin sofwernya harus sering diperbaharui agar peserta dapat menikmati layanan online secara mandiri dan teredukasi.

BACA JUGA : REHAB, Solusi Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan Lebih Ringan

“Sebagai milenial muda, aplikasi mobile JKN sangat mewakili dimanapun berada, karena cukup pegang ponsel, kesehatan terlindungi dan terpantau tanpa harus buang waktu dan fleksibel,” tutup Alya. (JM01)